»
»
»Selamat Hari Kartini

Selamat Hari Kartini



21 April di kenal sebagai hari kartini, mari kita jadikan hari kartini ini untuk mengingat perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita, dan memperjuangkan hak hak wanita. Sejak perjuangan kartini dahulu kini sudah banyak wanita yang semakin mandiri dan tidak bergantung kepada pria lagi, baik dalam bidang pendidikan walaupun ekonomi, nah untuk mengingat perjuangan RA Kartini dan untuk memperingati hari kartini sekarang ini mari kita sejenak menyimak sedikit biografi dari RA Kartini.. sekali lagi saya mengucapkan selamat hari kartini.. dan semoga semangat dan cita cita nya dapat terus di perjuangkan.. amin

Raden Ajeng Kartini sendiri adalah pahlawan yang mengambil tempat tersendiri di hati kita dengan segala cita-cita, tekad, dan perbuatannya.

Bagi wanita sendiri, dengan upaya awalnya itu kini kaum wanita di negeri ini telah menikmati apa yang disebut persamaan hak tersebut. Karena kaum wanita tidak berdiri kesempatan untuk belajar membaca, menulis dan sebagainya. Inilah perjuangan Raden Ajeng Kartini yang telah berhasil menampakkan kaum wanita ditempat yang layak, yang mengangkat derajat wanita dari tempat gelap ketempat yang terang benderang. Raden Ajeng Kartini meninggal dunia dalam usia 25 tahun, beliau pergi meninggalkan Bangsa Indonesia dalam usia yang relatif muda, yang masih penuh dengan cita-cita perjuangan dan daya kreasi yang melimpah.

Sejak itu sekolah-sekolah wanita lahir dan bertumbuh di berbagai pelosok negeri. Apa yang dilakukannya dengan sekolah itu kemudian diikuti oleh wanita-wanita lainnya dengan mendirikan ‘Sekolah Kartini’ di tempat masing-masing seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Cirebon. Masyarakat yang tidak begitu menyetujui, ada yang hanya tidak merayakan Hari Kartini namun merayakannya sekaligus dengan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember. Namun yang lebih ekstrim mengatakan, masih ada pahlawan wanita lain yang lebih hebat daripada RA Kartini.

Mereka berjuang di daerah, pada waktu, dan dengan cara yang berbeda. Ada yang berjuang di Aceh, Jawa, Maluku, Menado dan lainnya. Ada yang berjuang dengan mengangkat senjata, ada yang melalui pendidikan, ada yang melalui organisasi maupun cara lainnya.


Share On : Pin It
Description:Informasi tentang Selamat Hari Kartini Terbaru Was posted by: , under category Opini and permalink http://varius-opinion.blogspot.com/2009/04/selamat-hari-kartini.html. Published at 20 April 2009, 20.09.589,788 ReviewsSelamat Hari Kartini
 
Is Hosted by Blogger