»
»
»Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Malam Lailatul Qadar



Assalamualaikum wr.wb :D masih dalam edisi renungan ramadhan, kali ini saya ingin berbagi sedikit kepada anda semua khususnya yang menjalankan ibadah puasa, sering kali di akhir bulan ramadhan, ibadah kita mulai kendor dan pikiran mulai terbagi dengan hal hal seperti berbelanja kebutuhan lebaran, mudik dan lain sebagainya.. padahal kemuliaan bulan suci ramadhan itu justru terletak pada malam-malam terakhir yang biasanya jatuh pada malam ganjil, yang mana kita kenal sebagai malam Lailatul Qadar, sebuah malam yang lebih baik dari 1000 bulan, saya yakin semua umat muslim merindukan malam ini, namun bagaimanakah sebaiknya amalan amalan yang kita lakukan??

Malam Lailatul Qadr suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan, cobalah anda hitung jika anda mendapatkan malam itu nilainya sama dengan ibadah anda selama berapa tahun?? 1000/12 = 83 tahun lebih, secara logika manusia jaman sekaran sangat sulit hidup sampai usia lebih dari itu.. sehingga jika anda mendapatkannya Masya Allah anda benar benar beruntung

Allah berfirman, "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (al-Qadr: 1-5)

Keutamaan lailatulkadar, anjuran untuk mencarinya, keterangan tentang waktunya dan waktu lebih diharapkan saat mencarinya

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
Bahwa sekelompok orang dari sahabat Rasulullah saw. bermimpi melihat lailatulkadar pada hari ke tujuh yang terakhir. Kemudian Rasulullah saw. bersabda: Menurutku bahwa mimpi kalian pasti bertepatan dengan hari ke tujuh terakhir, maka barang siapa yang ingin menantinya, maka hendaklah ia menanti pada hari ke tujuh terakhir (bulan Ramadan). (Shahih Muslim No.1985)

Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra.:
Rasulullah saw. pernah melakukan iktikaf pada sepuluh hari pertengahan bulan Ramadan. Ketika mana waktu dua puluh malam telah berlalu dan akan menyambut malam yang kedua puluh satu, maka beliau kembali ke rumahnya dan sahabat yang beriktikaf bersama beliau juga kembali ke rumah mereka. Kemudian beliau bangun malam pada malam ia kembali dari iktikaf dan berpidato di hadapan sahabat serta menyuruh mereka untuk melaksanakan kehendak Allah lalu bersabda: Sungguh dahulu aku iktikaf pada sepuluh malam ini (sepuluh malam pertengahan) kemudian nampak olehku (melalui mimpi) untuk iktikaf pada sepuluh malam akhir. Barang siapa yang pernah iktikaf bersamaku, maka hendaklah ia tidur di tempat iktikafnya. Sesungguhnya aku telah melihat (lailatulkadar) pada malam-malam ini, tetapi lalu aku lupa (waktunya), maka cari dan nantikanlah malam itu di sepuluh malam akhir yang ganjil. Aku pernah bermimpi bahwa aku sujud di air dan lumpur. Abu Said Al-Khudri berkata: Pada malam kedua puluh satu, kami diturunkan hujan, sehingga air mengalir dari atap mesjid ke tempat salat Rasulullah saw., lalu aku memperhatikan beliau. Beliau sudah selesai dari salat Subuh dan pada wajah beliau basah dengan lumpur dan air. (Shahih Muslim No.1993)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Cari dan nantikanlah lailatulkadar pada sepuluh terakhir bulan Ramadan. (Shahih Muslim No.1998)

Amalan-Amalan Lailatul Qadr



Beberapa Amalan yang bisa kita lakukan untuk meraih malam surga ini, malam berkah, malam lailatul qadr, adalah dengan meningkatkan kualitas ibadah kita, beribadah dengan khusyu dan ikhlas semata untuk Allah dengan cara:

  • Memperbanyak Membaca Surah Al Qadr

  • Memperbanyak I'tikaf pada 10 hari terakhir bulan ramadhan


  • I'tikaf pada Sepuluh Hari Terakhir (Bulan Ramadhan) dan I'tikaf dalam Semua Masjid, Firman Allah, "Janganlah kamu campuri mereka itu, sedangkan kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikian Allah menerangkan aya-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa." (al-Bagarah: 187)

  • Ibadah Malam seperti Shalat Tahajud

  • Memperbanyak sedekah karena Allah semata


  • demikianlah artikel singkat ini semoga bermanfaat bagi anda, dan dapat menjadi bahan renungan yang mendalam dan juga bisa menjadikan bahan pengetahuan bagi anda dalam meraih malam Lailatul Qadar.. Keutamaan malam Lailatul Qadar ini Adalah Satu dari Tanda Tanda Kebesaran Allah
    amat sangat disarankan anda mendownload hadits web3.0 untuk kumpulan hadis beserta al quran dan terjemahannya

    Wassalam
    Share On : Pin It
    Description:Informasi tentang Keutamaan Malam Lailatul Qadar Terbaru Was posted by: , under category Renungan Ramadhan and permalink http://varius-opinion.blogspot.com/2008/09/keutamaan-malam-lailatul-qada.html. Published at 27 September 2008, 21.17.589,788 ReviewsKeutamaan Malam Lailatul Qadar
     
    Is Hosted by Blogger