»
»
»Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Menurun

Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Menurun


Sepertinya para peserta ujian nasional sedang harap harap cemas menanti pengumuman hasil UN 2010. karena ternyata tingkat kelulusan ujian nasional tahun ini menurun drastis. Sebanyak 154.079 peserta ujian nasional dinyatakan tak lulus. Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kelulusan ujian nasional SMA/MA dan SMK tahun ini menurun.

Meski tak lulus, para siswa itu tetap memiliki kesempatan untuk mengikuti unas ulang.

Menurut Mendiknas M Nuh, angka kelulusan tahun ini turun empat persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun sebelumnya tingkat kelulusan 93,4 persen, tahun ini hanya 89,88 persen siswa yang dinyatakan lulus.

''Itu juga bukti bahwa tingkat kejujuran semakin tinggi,'' ujarnya kemarin (23/4).

Dari total 1.522.162 peserta unas tingkat SMA, lebih dari sepuluh persen yang tidak lulus. Menurut Nuh, pengawasan ketat yang melibatkan tim pengawas independen dan pakta kejujuran ikut berpengaruh kepada tingkat kelulusan.

''Bukan berarti tahun lalu tidak diawasi secara ketat,'' katanya.

Nuh mencontohkan, di Gorontalo tingkat kelulusan mencapai 90 persen tahun lalu. Tetapi, tahun ini hanya 53 persen. Selain Gorontalo, ada beberapa daerah yang tingkat kelulusannya menurun secara drastis. Yakni, NTT, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Timur.

Rencananya, kata dia, Kemendiknas memetakan masalah itu. ''Apa dan bagaimana meningkatkan kelulusan, setiap sekolah memiliki permasalahan yang berbeda,'' terangnya


Share On : Pin It
Description:Informasi tentang Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Menurun Terbaru Was posted by: , under category Varius News and permalink http://varius-opinion.blogspot.com/2010/04/tingkat-kelulusan-ujian-nasional.html. Published at 24 April 2010, 20.05.589,788 ReviewsTingkat Kelulusan Ujian Nasional Menurun
 
Is Hosted by Blogger