»
»
»Trik Membuat Foto Sketsa

Trik Membuat Foto Sketsa



Jika anda ingin membuat tampilan foto anda seperti karya sketsa yang di arsir dengan pensil kita bisa membuatnya dengan menggunakan photoshop. berikut ini adalah langkah langkahnya.

1. Buka Foto Asli
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka foto Anda yang ingin diedit. Usahakan agar foto yang ingin Anda ubah bentuknya ini merupakan foto dengan objek yang cukup menonjol, seperti foto seseorang misalnya. Usahakan agar tidak terlalu banyak pernak-pernik pada background foto tersebut. Agar lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan foto jenis ini, Anda dapat melakukan cropping terhadap area-area yang tidak penting atau bahkan benar-benar menghapus total gambar background, hanya disisakan objek utamanya saja.

2. Duplikasi Layer Background
Setelah didapatkan foto yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulailah dengan menduplikasi foto tersebut menjadi sebuah layer baru. Caranya kliklah menu Layer|Duplicate layerâ?¦, maka akan muncul sebuah dialog box pengaturannya. Kliklah tombol OK pada dialog box tersebut, maka akan terbentuk sebuah layer baru yang merupakan duplikasi dari layer background tersebut. Selain cara ini, Anda juga dapat melakukan duplikasi ini dengan cara mengklik dan drag layer background menuju ke icon *< > maka secara otomatis akan terbentuk layer duplikasi

3. Desaturasi Layer Duplikat
Setelah layer duplikat terbentuk, langkah selanjutnya adalah menghilangkan semua warna-warni yang ada dalam foto tersebut. Tujuannya agar sketsa pensil tidak terganggu oleh warna-warna yang ada dalam foto. Cara melakukannya adalah, klik menu Image|Adjustments|Desaturate. Maka seketika juga foto Anda tidak berwarna sama sekali. Anda juga dapat melakukan langkah ini dengan menggunakan shortcut key CTRL + Shift + U, maka proses desaturasi juga dapat berjalan.

4. Buat Menjadi Terbalik
Kini foto Anda tidak berwarna sama sekali. Yang tinggal hanyalah warna hitam dan putih saja. Untuk memprosesnya menjadi sebuah sketsa, Anda perlu membalik pewarnaan ini. Tujuannya adalah agar semua warna dan pencahayaannya menjadi berbalik, sehingga tampak seperti sebuah negatif film. Untuk melakukannya, pertama duplikasi lagi layer yang berada paling atas dengan menggunakan langkah yang sama seperti langkah 2. Setelah terbentuk layer baru, kliklah menu Image|Adjustments|Invert. Sesaat kemudian gambar Anda menjadi tampak seperti negatif film.

5. Ubah Blending Mode
Setelah foto Anda menjadi sebuah negatif film, langkah berikutnya adalah mengubah blending mode-nya agar dapat diproses lebih lanjut. Anda harus mengubah blending mode foto ini menjadi Color Dodge. Cara mengubahnya adalah klik drop down menu yang ada pada tab layer. Biasanya drop down menu ini berisikan opsi Normal. Setelah diklik Anda dapat melihat banyak opsi di dalamnya. Pilihlah opsi Color Dodge. Sesaat kemudian foto Anda telah berubah blending mode-nya dan wujudnya berubah menjadi berwarna putih berbintik-bintik hitam.

6. Beri Efek Blur
Anda kini tidak dapat melihat objek yang ada dalam foto tersebut karena sebagian besar warnanya adalah putih. Untuk memunculkan kembali objek utama beserta pernakpernik background-nya, Anda harus memberikan efek blur. Caranya, kliklah menu Filter|Blur|Gaussian Blurâ?¦ Setelah menu pengaturannya muncul, isilah nilai parameter Radius sesuai dengan kebutuhan Anda. Preview efek ini dapat terlihat langsung pada foto Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, setelah itu klik tombol OK maka kini objek utama Anda akan muncul kembali dengan bentuk yang baru.

7. Sketsa Telah SelesaI
Bentuk baru yang Anda lihat saat ini telah menyerupai sebuah sketsa foto Anda yang seperti dibuat menggunakan pensil. Di dalamnya terdapat goresan dan arsiran pensil yang tampak sangat realistik karena terdapat arsiran gelap dan terang di dalamnya. Bayangan pun tidak luput diarsir, sehingga detailnya lebih tampak. Kini Anda telah memiliki sebuah bentuk baru dari foto-foto lama Anda yang tampak membosankan. Dengan bentuk sketsa yang lebih artistik ini, Anda telah memiliki sebuah ilustrasi foto wajah Anda yang benar-benar mirip 100%. Selamat mencoba!
Share On : Pin It
Description:Informasi tentang Trik Membuat Foto Sketsa Terbaru Was posted by: , under category Photoshop and permalink http://varius-opinion.blogspot.com/2008/05/trik-membuat-foto-sketsa.html. Published at 15 Mei 2008, 00.54.589,788 ReviewsTrik Membuat Foto Sketsa
 
Is Hosted by Blogger